Jumat, 14 Februari 2014

Day 5: Banjarbaru, Kota tercinta!

Tantangan 30 hari alias 30 days Challange.

Day 5: Post a photo (that you took by yourself) from the city you live in and write some explanation about it atau Indonesia -nya Post foto (yg kamu foto sendiri) daerah tempat tinggal kamu dan beri sedikit penjelasan 

Banjarbaru kota idaman
Kotanya indah damai dan nyaman
Masyarakatnya tertib dan sopan
Taat ibadah taqwa dan beriman

Kota ini ramah lingkungan
Tertata rapi dihiasi taman
Lapangan murjani dan perkantoran
Kebanggaan kota pendidikan

Di cempaka menghasilkan intan
Landasan ulin sentra perdagangan
Syamsudin noor bandara kebanggaan
Siap menyambut tamu yang datang


Simpang empat ada bundaran
Menghiasi kota asri dan menawan
Sejauh-jauh mata memandang
Banjarbaru kan selalu dikenang

Nah, yang diatas ini adalah Mars Kota Banjarbaru. Dari liriknya memang benar-benar mencerminkan Banjarbaru, lah. Mau dengar saya menanyi? Saya bangga dengan Mars kota saya ini. :) Yuk cerita-cerita apa saja yang saya banggakan dari Kota ini.


Banjarbaru, Kota Idaman.

Bundaran
Saya lahir, besar, bersekolah, dan kuliah di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dan saking cintanya dengan kota ini, niatnya sih mau tetap tinggal dan menua di kota ini.

Apa saja sih yang bisa dibanggakan dari kota Idaman ini? Baca terus yuk postingan ini.


Banjarbaru yang punya banyak taman dan tumbuhan yang rimbun ini membuat betah penghuninya. Fasilitas seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya pun mudah di dapat. Banjarbaru ini kota yang strategis, dekat dengan bandara, provinsi, dan cukup dekat dengan tempat pariwisata lain yang terdapat di kota lain.
Lapangan Murdjani, Banjarbaru

Banjarbaru punya banyak tempat kuliner. Setiap pukul 17.00 hingga larut malam, di alun-alun kota bisa ditemukan penjaja makanan seperti pentol goreng, pisang keju, roti bakar, dan makanan lainnya. Surganya remaja yang suka nongkrong di alun-alun sambil nyemil lah pokoknya :) Ini lah Lapangan Murdjani, Banjarbaru

Selain itu, di Banjarbaru banyak tempat bersantai yang nyaman, ada bundaran Banjarbaru, ada taman bermain Van Der Pijl yang biasanya dijadikan tempat duduk santai remaja atau keluarga sekaligus tempat bermainnya anak-anak. Disamping taman ini juga ada taman air mancur dengan pohon rindang dan tempat duduk-duduk santai. Pokoknya, untuk kuliner dan tempat santai, Banjarbaru memang kota Idaman, lah! :)
Museum lambung Mangkurat

Di Banjarbaru juga ada tempat-tempat edukatif seperti Museum Lambung Mangkurat yang didalamnya terdapat banyak benda yang memperkenalkan budaya Banjar. 
Anda bisa melihat keris, kain-kain, benda antik kerajaan banjar, dan banyak lagi lainnya. Kalau ke Banjarbaru rasanya akan sangat menyesal kalau melewatkan kesempatan jalan-jalan ke Museum ini, deh ;)

Nah, pernah dengan khas Kalimantan Selatan adalah batu intannya? Pendulangan Intan di Kalimantan Selatan juga bertempat di Banjarbaru, tepatnya di kecamatan Cempaka. Di sini bisa dilihat cara para pendulang bekerja, memutar-mutar alat tradisional mereka untuk mendapatkan batu intan. Di sisi lahan pendulangan ini juga bisa ditemukan danau yang airnya tampak kebiruan.
Pendulangan Intan, Cempaka, Banjarbaru


Banjarbaru juga punya banyak event yang menjadi daya tarik di masyarakat. Setiap tahunnya akan ada pemilihan Nanang Galuh Banjarbaru, di bulan Ramadhan akan ada pasar ramadhan yang menjual banyak sekali makanan khas banjar mulai dari kue seperti Wadai cincin, Lapis hindia, Bingka Barandam, Bingka Hintalu, dan banyak lagi lainnya. Masih di Bulan Ramadhan, disetiap perayaan malam Lailatul Qadr akan ada lomba Bagarakan Sahur (Indonesia: Membangunkan untuk Bersahur) dengan peserta
Malam Tanglong/Bagarakan Sahur
lombanya masing-masing menghias mobil dengan pernak-pernik bertema dan lampion yang menarik.


Hayooo, kurang apa lagi Kota saya tercinta ini? :)
Harapannya semoga semakin bertambah umurnya Banjarbaru akan tetap menjadi Kota Idaman seperti yang terdapat dalam bait lirik Mars-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar